Home » Dunia Bisnis » Studi Kelayakan Bisnis

Studi Kelayakan Bisnis

Friday, July 12th 2013. | Dunia Bisnis

Studi kelayakan bisnis merupakan suatu hal yang wajib dilakukan bagi seseorang yang ingin membangun sebuah bisnis. Apalagi para investor yang mengharapkan keuntungan lebih dari dananya yang dijadikan sebagai deposit, ada pula bank yang memberikan pinjaman kredit, serta pemerintahan yang ikut andil dalam studi ini karena memberikan aturan hukum yang digunakan agar tidak dilakukan semena-mena serta undang-undang mengenai jalannya bisnis.

Fungsi dari investor ini sebagai pemantau keuntungan, bank sebagai pemberi kenyaman ketika memberikan kredit dengan keamanan yang sangat dijaga privasinya, dan pemerintah selaku pemimpin yang melihat kebaikan ekonomi makro dari investasi yang dijalankan dan peluang kerja bagi masyarakat.

pengertian-studi-kelayakan-bisnis

Rencana di masa datang tidak dapat dipastikan dengan pasti maka perlu beberapa aspek yang dilakukan untuk menafsir bagaimana bisnis tersebut. Pertimbangan ini diperlukan apakah bisnis dapat dilakukan dengan lancar atau malah dihentikan. Studi kelayakan bisnis memerlukan beberapa orang dijadikan satu tim untuk melihat potensi dan jalannya bisnis. Aspek tersebut mulai dari hukum, ekonomi hingga keuangan.

Ada dua golongan yang menjadi sasaran kelayakan studi bisnis yakni yang pertama perusahaan yang mengharapkan laba, orientasi ini terpacu pada keuntungan yang akan dicapai pada orientasi sosial , maksudnya adalah keuntungan ini tidak memikirkan nilai ekonomis tetapi dari proyek yang dijalankan.

Aspek yang digunakan dalam studi kelayakan bisnis ada berbagai macam yakni pertama ada aspek hukum yang terkait dengan perizinan yang meliputi izin lokasi, sertifikat tanah, pembayaran PBB. Selanjutnya izin usaha meliputi akta mendirikan perusahaan, SIUP, surat izin tempat untuk usaha dari pemda dan masyarakat setempat, NPWP.

Aspek sosial budaya dan ekonomi meliputi dampak adanya proyek didalam kawasan tersebut. Mulai dari sisi budaya dengan kebiasaannya yang akan mengalami perubahan dengan adanya proyek, dari ekonomi yang melihat pendapatan per kapita akan naik atau turun. Terakhir adalah potensi pasar yang melihat sisi banyaknya peluang ketika proyek tersebut diadakan. Jika pasar dapat memberikan kontribusinya dengan baik maka proyek itu dapat dijalankan.

Studi kelayakan bisnis dapat dilihat dalam berbagai aspek lainnya antara lain teknologi yang terdiri dari jenis mesin yang dipakai, manajemen pembangunan, dan keuangan.

Share
Advertisement
tags: , ,