Home » Pendidikan » Sejarah Manusia Purba Zaman ke Zaman

Sejarah Manusia Purba Zaman ke Zaman

Friday, July 26th 2013. | Pendidikan

Sejarah Manusia Purba Zaman ke Zaman. Sejarah selalu menjadi hal yang misteri bagi manusia. Karena sejarah hanya dapat diketahui dari beberapa peninggalan dan bukti otentik yang jelas. Tidak hanya diketahui dari mulut ke mulut saja. dan manusia bisa saja berbohong. Atau cerita menjadi melenceng. Untuk itulah kita perlu beberapa sejarah. Melihat bagaimana kehidupan yang sesungguhnya di masa lalu. Sama dengan sejarah manusia purba di Indonesia.

Banyak ahli arkeologi atau ahli sejarah di Indonesia yang meneliti bagaimana kehidupan dan kebiasaan manusia purba di zaman dahulu kala. Apalagi dengan ditemukannya peninggalan bersejarah yang berbentuk batu, tulisan, patung, atau bahkan fosil purba. Dan kesemuanya bisa ditelaah lagi oleh para arkeolog kita sehingga menghasilkan suatu kehidupan yang ada di zaman dahulu.

sejarah-manusia-purba

Salah satu sejarah manusia purba yang sudah sering kita dengar dan kita pelajari di beberapa pelajaran sejarah di sekolah adalah zaman paleolitikum. Di zaman ini mereka sudah hidup berkelompok. Zaman paleolitikum tersebut sering disebut juga sebagai zaman batu tua. Zaman di mana manusia purba tersebut hidup berkelompok dan mencari makanan langsung dari alam. mereka juga memiliki sifat berpindah-pindah tempat tinggal atau disebut juga dengan nomaden.

Pada zaman ini diketahui bahwa manusia masih sangat primitif. Mereka menggunakan perkakas yang sangat sederhana untuk membuat berbagai hal yang mereka butuhkan pada zamannya. Di zaman paleolitikum tersebut manusia purba yang hidup di zaman tersebut disebut dengan manusia setengah kera. Karena postur tubuhnya pun masih seperti kera. Atau bahkan hampir seperti kera. Dan tentu saja pada saat itu manusia purba tersebut belum berpakaian.

Setelah zaman batu tua, munculah zaman pertengahan atau disebut juga sebagai zaman batu madya. Atau istilah sejarahnya disebut dengan zaman mezolitikum. Dalam sejarah manusia purba, di zaman ini mereka sudah mulai mengalami perkembangan dari zaman batu tua. Yaitu dengan hidup di beberapa gua, ceruk pegunungan, dan di tepi pantai. Bahkan peninggalan manusia purba di zaman mezolitikum ini sempat ditemukan beberapa alat kesenian.

Diperkirakan orang-orang yang hidup di zaman ini adalah orang-orang keturunan atau nenek moyang dari daerah-daerah seperti papua, aborigin, semang dan sakai. Para arkeolog itu juga menemukan kapak genggam dan alat berburu yang dibuat dari tulang hewan pada zamannya. Terbukti bahwa manusia purba juga mengalami perkembangan dari zaman ke zaman. Sampai pada akhirnya mereka membuat penemuan-penemuan untuk mempertahankan kehidupan mereka di alam luar dan alam yang luas ini.

Share
Advertisement
tags: