Home » Pendidikan » Pengertian dan Contoh Model-Model Pembelajaran Terbaru

Pengertian dan Contoh Model-Model Pembelajaran Terbaru

Saturday, September 7th 2013. | Pendidikan

Pengertian dan Contoh Model-Model Pembelajaran Terbaru. Seiring dengan kemajuan zaman yang terus berkembang dari hari ke harinya, ternyata dunia pendidikan juga mengikuti arus perkembangan zaman itu. Salah satu perkembangan itu ditunjukkan dengan dihadirkannya banyak model-model pembelajaran yang biasa diterapkan saat ini. Sebenarnya apa pengertian model pembelajaran itu dan apa sajakah contohnya? Jika anda masih bingung perihal dua pertanyaan di atas, maka di bawah inilah penjelasannya.

Model-model pembelajaran adalah beberapa cara atau teknik yang digunakan oleh guru kepada siswa dalam menyajikan materi pembelajaran dalam sebuah proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang sudah dirancang dapat tercapai. Beberapa model pembelajaran ini diterapkan guru saat mengajarkan sesuatu kepada muridnya dengan tujuan agar pesan dari materi pembelajaran itu sendiri tersampaikan dengan mudah. Model pembelajaran yang sudah ada sejauh ini terbukti bisa sangat membantu pekerjaan para guru dikarenakan para siswa dapat mengerti, tahu, dan paham sebuah pelajaran dengan lebih mudah .

model-model-pembelajaran

Jika membahas tentang beberapa contoh dari model-model pembelajaran itu sendiri, ada beberapa model yang sudah tidak asing lagi dengan kita, namun beberapa diantaranya juga merupakan model baru yang baru diterapkan dalam dunia pendidikan. Beberapa contoh model pembelajaran yang sudah umum diketahui yaitu metode ceramah, diskusi, studi kasus, demonstrasi, dan lain sebagainya. Sedangkan beberapa model pembelajaran yang masih terbilang asing tidak lain adalah Contextual Teaching and Learning (CTL), Cooperative Learning (CL), Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran bersiklus (Cycle Learning), Realistic Mathematic Education (RME), Open Ended (OE) yang dalam bahasa Indonesianya juga disebut sebagai metode problem terbuka, dan masih banyak lagi lainnya.

Dari sekian banyak model-model pembelajaran yang sudah disebutkan di atas, tidak ada satupun yang bisa dianggap sebagai model pembelajaran terbaik. Hal itu dikarenakan setiap model pembelajaran yang diterapkan oleh seorang tenaga pendidik selalu saja disertai dengan kelebihan dan kekurangan. Para tenaga pendidik bisa memilih beberapa metode yang dianggap cocok dengan kondisi kelas yang mereka tangani dan materi yang akan diberikan, bukan lantas memilih metode yang menurutnya paling baik dan menerapkannya di kelas terus menerus karena tidak semua metode akan cocok dengan materi yang disampaikan.

Share
Advertisement
tags: , ,