Home » Wisata » Kebun Binatang Ragunan Akan Diremajakan

Kebun Binatang Ragunan Akan Diremajakan

Friday, July 12th 2013. | Wisata

Rencana Pemprov DKI Jakarta dalam melaksanakan peremajaan kebun binatang Ragunan semakin kuat. Rencana peremajaan tersebut adalah upaya untuk menjaga dan merawat salah satu objek wisata di ibukota, agar tetap menjadi tempat wisata andalan.

Jokowi, panggilan akrab Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menyatakan bahwa peremajaan tersebut nantinya akan menonjolkan fungsi konservasi, flora dan juga fauna, serta tempat rekreasi pilihan masyarakat. Namun, Jokowi mengutamakan fungsi konservasinya, lalu setelah itu baru memperhatikan kebun binatang Ragunan sebagai tempat rekreasi.

kebun-binatang-ragunan-jakarta

Menurut beliau, selama ini kebun binatang Ragunan tidak Nampak fungsi yang memadahi, baik secara perawatan satwa atau fauna, kondisi peralatan dan fasilitas disana pun tidak terawat. Hal ini tentunya memprihatinkan. Apalagi Jokowi juga menambahkan, kalau yang beliau lihat selama ini adalah kandang yang kurang enak dipandang karena bentuknya yang malah seperti kerangkeng.

Satwanya pun dinilainya juga kurus – kurus. Beliau menghimbau, jangan sampai melupakan bahwa konsep mereka selama ini adalah perawatan dan pelestarian. Tidak hanya mengoleksi, memelihara asal – asalan. Satwa juga makhluk hidup. Yang perlu perawatan dengan kasih dan serius.

Mantan Walikota yang tersohor di Solo itu pun menyatakan, bahwa beliau ingin agar tempat satwa tersebut dibuat mirip dengan habitat aslinya, tidak seperti sekarang. Ditambah, pengelolaan atau manajemen perlu ditingkatkan, agar tidak amburadul dari segi intrastrukturnya. Apalagi kebun binatang Ragunan anggarannya yang dibutuhkan sangat besar, begitu juga pendapatannya. Kesalahan sistem manajemen mengakibatkan hal fatal, seperti kerugian Negara, tidak hanya itu, Negara kita akan dipandang buruk oleh mancanegara karena tidak mampu merawat satwa yang mungkin saja langka dan dilindungi.

Jokowi menganggarkan, meski belum tepat kepastiannya, kebun binatang Ragunan akan diremajakan ulang, dan anggaran diperkirakan sekitar 40 miliar rupiah. Tentu saja bukan dana yang kecil, diharap dengan dana tersebut, kebun binatang Ragunan kembali ditingkatkan kembali sebagaimana mestinya lokasi tersebut sebagai fungsi edukatif masyarakat, dan menjadi sorotan tempat rekreasi flora dan fauna pilihan bagi masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Share
Advertisement
tags: ,