Fungsi ginjal pada manusia sangatlah penting untuk kesehatan badan dan kelancaran sistem metabolisme di dalam tubuh manusia. Organ yang bentuknya mirip dengan kacang ini merupakan organ ekskresi pada vertebrata. Fungsinya sebagai penyaring kotoran yang dibuang melalui urin. Ginjal terletak di daerah perut yang berada di belakang. Jika dilihat dari tulang belakang maka berada pada sisi kiri dan kanan.
fungsi-ginjal-pada-manusia
Aliran renalis merupakan aliran darah pada ginjal, bagian-bagian ginjal antara lain bernama korteks yang ada diluar ginjal dan medulla pada bagian dalam ginjal. Agar kita lebih paham berikut ini akan diuraikan secara rinci bagian-bagian dari ginjal

Bagian-bagian dari Ginjal

  • Diafragma, sebenarnya diafragma bukan lah bagian dari ginjal, ia adalah salah satu dari organ pernapasan manusia

Ginjal yang jumlahnya 2 biji terletak di dalam perut kita

  • Vena ginjal disebut juga pembuluh balik yang tugasnya membawa darah keluar dari ginjal dan selanjutnya menuju ke vena cava inferior kemudian balik kembali ke jantung.
  • Vena cava inferior fungsi nya menerima aliran darah yang berasal dari kedua kaki juga yang berasal badan, darah  ini banyak mengandung banyak CO2.
  • Kelenjar adrenal disebut juga kelenjar endokrin yang bentuknya segitiga posisinya tepat di atas ginjal. Fungsinya untuk pengaturan tanggap reaksi dari sintesis kortikosteroid serta katekolamin, termasuk hormon adrenalin dan kortisol
  • Arteri ginjal bertugas untuk membawa darah masuk menuju ke dalam ginjal yang kemudian disaring di daerah glomerulus.
  • Aorta abdominalis merupakan arteri yang bentuknya besar di daerah rongga perut. .
  • Ureter berfungsi untuk menghantarkan urin yang berasal dari ginjal menuju ke kandung kemih.
  • Kandung kemih merupakan tempat menampung urine/air kencing yang berasal dari ginjal sebelum dikeluarkan. Jika kita menahan kencing maka akan terasa sakit dikandung kemih ini.
  • Uretra merupakan saluran penghubung kantung kemih kebagian luar yang berfungsi untuk saluran pembuang air kencing.

Sebenarnya ada beberapa bagian atau organ lain yang tidak termasuk dalam bagian ginjal seperti Uterus yang merupakan bagian dari sistem reproduksi manusia.
Setelah mengetahui bagian dari ginjal, pembahasan berikutnya adalah fungsi dari ginjal.

Fungsi ginjal pada manusia adalah sebagai berikut:

1. Fungsi ginjal yang utama adalah sebagai organ penting yang mampu menyaring  darah. Hal ini karena didalam ginjal ada nefron yang berfungsi untuk menyaring darah yaitu dari darah kotor menjadi darah bersih.  Tujuan dari bagian ini adalah memilah darah yang baik untuk disalurkan pada seluruh tubuh dan membuang racun yang dalam organ tubuh. Jika fungsi ini tidak berjalan dengan baik maka penyakit mudah masuk dan segala virus bahkan bakteri yang ada dalam darah tersalurkan di dalam tubuh, akibatnya orang tersebut bisa meninggal dalam waktu yang singkat.

2. Pengatur jumlah volume darah. Keseimbangan volume di dalam darah dilakukan oleh ginjal, hal ini bertujuan agar darah yang mengalir dapat dikontrol banyaknya, karena jika kekurangan darah maka mengakibatkan tubuh menjadi lemah, sedangkan jika jumlah darah terlalu banyak maka tubuh tidak kuat menampung banyaknya darah yang tidak bisa tersalurkan.

3. Penyaringan glukosa, dan beberapa gizi serta zat di dalam tubuh. Fungsi lain dari ginjal ini dapat mempertahankan zat yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh bersama darah. Dan mengalirkannya lagi ke seluruh peredaran darah. Pengatur zat yang diseimbangkan ini dapat membantu dalam mengurangi jumlah zat yang berlebihan.

4. Sebagai pengatur keseimbangan kimia darah. Garam yang berfungsi mengikat air dan jika kelebihan gula darah maka berakibat sangat fatal karena tumpukan cairan yang berlebihan dapat membuat anggota tubuh membengkak. Selain itu kalium darah yang berkurang dapat diserap oleh ginjal sedangkan jika terlalu banyak kalium maka ginjal akan membuangnya,

5. Fungsi ginjal pada manusia selanjutnya ialah menjaga pH darah supaya tidak begitu asam. Disini ginjal berfungsi untuk mengatur keseimbangan pH, jumlah komposisi air yang ada dalam darah, dan mempertahankan konsentrasi jumlah ion mineral. Jika dalam keadaan normal ginjal akan mampu menjaga komposisi pH plasma darah pada angka sekitar 7,4 yaitu dengan cara pergantian ion hidrosil dan hidronium. Sehingga , output ginjal berupa urine dapat menjadi lebih asam pada tingkatan pH 5 atau alkalis pada tingkatan pH 8. Adapun jumlah ion natrium dikontrol dengan cara pengolahan atau proses homeostasis yang mengikutsertakan zat atau hormone aldosteron yang berfungsi untuk menambah tingkat penyerapan dari ion natrium yang terdapat pada tubulus konvulasi. Penurunan atau  kenaikan dari tekanan osmotik darah yaitu karena adanya kekurangan atau berlebihnya jumlah air akan segera ditindaklanjuti oleh zat hipotalamus yang berfungsi memberi tanda pada kelenjar pituitari yaitu dengan cara memberi umpan balik negatif.  Semua proses ini akan menghasilkan  konsentrasi cairan jaringan akan kembali menjadi 98%.

Ada banyak sekali fungsi ginjal pada manusia yang perlu diketahui seperti penghasil hormone yang dapat merangsang pembentuk hemoglobin oleh tulang sumsum.

Demikianlah uraian singkat penjelasan tentang fungsi ginjal pada manusia semoga bermanfaat buat kita semua.

Fungsi Ginjal Pada Manusia
FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply